Pages

Senin, 25 Juli 2011

Pentingnya Informasi Dalam Peluang Usaha

Pentingnya Informasi Dalam Peluang Usaha

Dengan adanya revolusi informasi,maka sumber berita pemanfaatan peluang usaha semakin cepat diketahui orang,melalui surat kabar,majalah,radio,televisi,internet dan sebagainya.
Pemanfaatan peluang usaha melalui teknologi informasi dapat mempengaruhi setiap unsure nilai serta mengubah hubungan kegiatan wirausaha.Oleh karena itu,dalam rangka memperbesar peluang usaha,peran teknologi informasi harus dioptimalkan pemakaiannya.
Untuk mengambil keputusan yang tepat,wirausahawan yang memimpin perusahaan sangat memerlukan sumber peluang usaha yang lengkap.Disamping itu,sumber informasi peluang usaha itu harus dapat dipercaya.Apabila sumber informasi peluang usaha data-datanya kurang lengkap kemungkinan didalam pengambilan keputusan,kesimpulan,dan saran-saran mengenai pengembangan usaha kuarang sempurna.

Kemajuan teknologi informasi dan semakin tingginya tingkat kesejahteraan masyarakat,akan membuka lebih banyak pemanfaatan peluang usaha.Dr.Albert Osborne Jr,Direktorat Pusat Studi Kewirausahawan di Universitas Colifornia,menegaskan bahwa kebutuhan untuk menggunakan sumber informasi,bakal menciptakan peluang usaha yang amat banyak.

Hal-hal yang perlu dicermati dalam mencari peluang usaha
Mencari peluang usaha merupakan kegiatan yang sangat penting,karena merupakan urat nadi kegiatan perusahaan.Mencari dan menyusun informasi pemanfaatan peluang usaha,memerlukan pengamatan yang cermat terhadap informasi mengenai
1.Minat dan daya beli konsumen
2.Seluk-beluk pemasaran produk/jasa
3.Penjualan produk/jasa
4.Produk dan jasa
5.Manajemen usaha
6.Modal usaha
7.Tenaga kerja
8.Perawatan peralatan
9.Administrasi dan Pembukuan
10.Penelitian dan pengembangan usaha

Begitu pula kegiatan produksi memerlukan informasi tentang apa yang harus diproduksi,bagaimana mutunya,bagaimana modelnya,bagaimana manfaatnya,dan berapa jumlah yang harus diproduksi.Di sini system pemasaran harus dapat memberikan informasi dan menentukan bagaimana kecenderungan pasar atau konsumen,sebaliknya system produksi harus dapat memberikan informasi kepada bagian pemasaran,tentang apa yang telah diproduksi dan akan disampaikan ke pasar.

Bingung menentukan usaha apa yang cocok untuk anda?apakah anda pelajar,mahasiswa,ibu rumah tanga,pengangguran dll?merasa tidak memiliki keahlian apa-apa tapi pengen punya penghsilan sendiri?
Saya punya solusinya buat anda

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More